Pengalaman Maulid Nabi, Loketa, dan Bulba Daring SMP Labschool Jakarta, M. Malik Alfarizi 8E (24)

 

Maulid Nabi, Loketa, dan Bulba Daring SMP Labschool Jakarta, M. Malik Alfarizi 8E (24)

Assalamualaikum Wr Wb

 

Saya M. Malik Alfarizi kelas 8E no absen 24 akan memaparkan kegiatan Loketa dan Bulba yang diselenggarakan pada hari Senin 26 Oktober 2020. SMP Labschool Jakarta mengadakan sebuah kegiatan pada hari Senin 26 Oktober 2020. Kegiatan itu yaitu peringatan maulid nabi, Loketa, dan Bulba. Maulid nabi adalah hari peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Loketa adalah singkatan dari Lomba Keterampilan Agama. Loketa memiliki lomba-lomba seperti MTQ, Tahfidz, Adzan, Da’i, Kaligrafi, dan Komik islami. Bulba adalah singkatan Bulan Bahasa. Bulba memiliki beberapa lomba seperti Loketa yaitu, Pidato, Debat, Puisi, foto virtual (fotu), E-Poster, dan cerpen. Kegiatan-kegiatan tersebut diselenggarakan setiap tahun di SMP Labschool Jakarta. Kegiatan-kegiatan ini pada tahun ini dilakukan secara daring, karena adanya Covid-19 yang tidak memungkinkan pengikut-nya untuk bertemu secara langsung. Pada tahun ini, semua lomba dilaksanakan melalui platform Zoom.

Aku mengikuti dua lomba. Satu lomba di Loketa, dan satu lomba di Bulba. Di Loketa saya berpartisipasi dalam lomba Komik Islami. Di kegiatan Bulba saya berpartisipasi dalam lomba E-Poster. Saya memiliki hobi menggambar, maka saya ambil kesempatan ini untuk mengikuti kedua lomba tersebut.

Acara pertama, yaitu maulid nabi diselenggarakan pada jam 7.00 tepat. Para murid sebelumnya sudah ada di platform Zoom. Para murid menunggu kedatangan pengisi acara datang di Zoom. Acara tersebut disambut oleh Bu Ita, dengan tilawah berserta sari tilawah dari beberapa anggota dari ROHIS. Tidak lupa sambutan dari POMG, kepala sekolah, dan kepala BPS. Setelah itu para perserta lomba dan supporter lomba yang bersifat performance mengambil istirahat. Para murid mengikuti acara kembali pada pukul 8.50.

Lomba pertama yang saya ikuti mulai pada pukul 9.00 yaitu Komik Islami. Lomba tersebut dilaknsanakan di Zoom kelas 7D. Pada sebelumnya, lomba ini memiliki teknis untuk mengerjakan komik sebelum tanggal dua puluh enam Oktober. Sebelumnya saya telah mengerjakan komik dan telah memperbaiki kesalahan-kesalahan yang terdapat di komik-ku. Pada waal masuk Zoom terdapat 2 anggota OSIS yang menjelaskan teknis dan syarat lomba Komik Islami. Saya lupa untuk menambahkan, komik memiliki hasil recording mengerjakan yang serta dikumpulkan bersama komik. Sesudah saya submit hasil komik dan timelapse, dan minta izin untuk PJ lomba untuk meninggalkan Zoom, saya segera masuk untuk lomba kedua yaitu E-Poster. Saya mengikuti lomba kedua dengan melihat teknis-teknis yang telah disampaikan sebelumnya di highlight story OSIS SMP Labschool Jakarta. Saya menggambar background untuk poster, setelah itu saya tambahkan font pada poster dengan nama, kelas, dan no absen.

Virtual Background Lomba Komik Islami

Virtual Background Lomba E-Poster

Setelah kedua lomba yang saya ikuti telah selesai, saya menjadi supporter dan menuju ke Zoom yang tadi digunakan untuk acara maulid nabi. Lomba tersebut adalah lomba yang cukup menarik untuk ditonton, lomba tersebut adalah loba debat dari Bulba. Terdapat dua kubu yang beda pada tiap topik yang dibagi. Topik favorit saya adalah “Apakah Menghapus UN Pilihan Tepat ?”. Aku yakin banyak yang menyukai lomba ini. Kegiatan Loketa dan Bulba ditutup oleh lomba debat dengan spektakuler. Sekian rangkuman pengalaman saya dengan kegiatan yang diselenggarakan pada tanggal 26 Oktober 2020. Semoga pengalaman saya pada tanggal tersebut dapat memuaskan anda yang membaca. Sekian dari saya, dan terima kasih telah membaca

Final Lomba Debat, Loketa 2020


Wassalamualaikum Wr Wb

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Membacalah Setiap Hari dan Buktikan Apa yang Terjadi.

Tugas Hal 236-240, M. Malik Alfarizi 8E (24)

Tugas BTIK, M. Malik Alfarizi 8E 24