Tugas BTIK
Tugas BTIK
M.
Malik Alfarizi
8E /
24
Pertanyaan
:
- Apakah yang dimaksud algoritma dan perancangan algoritma?
- Ada 2 cara yang dapat digunakan untuk menuliskan algoritma. Sebutkan kedua cara tersebut dan jelaskan dengan benar!
- Bagaimana cara memprogram robot? Jelaskan proses algoritmanya!
- Apa yang dimaksud dengan variabel dan tipe data? Jelaskan dengan lengkap!
- Bagaimana cara menggunakan variabel dalam sebuah program? Jelaskan langkah algoritmanya!
- Jelaskan tiga tipe data yang dapat digunakan di scratch!
- Jelaskan perbedaan antara tipe data numerik dengan teks!
- Tuliskan algoritma untuk menuliskan namamu menggunakan RoboMind!
- Jelaskan tujuan tipe data boolean digunakan!
- Tuliskan kode program untuk menuliskan inisial namamu menggunakan RoboMind.
Jawaban
:
1. 1. Algoritma merupakan
langkah-langkah (prosedur) yang harus dilakukan untuk menyelesaikan sebuah
masalah. ... Perancangan algoritma adalah metode khusus untuk menciptakan
proses matematis dalam proses pemecahan masalah.
2. 2. Pseudocode : rangkaian instruksi
yang menggambarkan langkah-langkah untuk menyelesaikan permasalahan.
Flowchart
: diagram yang mewakili kumpulan dari instruksi-instruksi yang ditampilkan
menggunakan simbol standar untuk menggambarkan instruksi-instruksi yang
berbeda-beda.
3. 3. Cara memprogram robot adalah dengan menggunakan program
RoboMind. Algoritma nya adalah :
START
Move
‘Posisi Awal’
WRITE
‘I’
MOVE
‘Posisi Awal’
WRITE
‘A’
MOVE
‘Posisi Awal’
WRITE
‘M’
MOVE
‘Posisi Awal’
WRITE
‘P’
MOVE
‘Posisi Awal’
WRITE
‘R’
MOVE
‘Posisi Awal’
WRITE
‘O’
MOVE
‘Posisi Awal’
WRITE
‘G’
MOVE
‘Posisi Awal’
WRITE
‘R’
MOVE
‘Posisi Awal’
WRITE
‘A’
MOVE
‘Posisi Awal’
WRITE
‘M’
MOVE
‘Posisi Awal’
WRITE
‘M’
MOVE
‘Posisi Awal’
WRITE
‘E’
MOVE
‘Posisi Awal’
WRITE
‘R’
4. 4. Nilai-nilai yang disimpan dalam
suatu objek disebut variablel. Besar nilai-nilai tersebut dapat berubah. Sedangkan
tipe data adalah jenis/tipe yang digantikan oleh variabel- variabel seperti
tipe data boolean, numerik, dan teks atau string
5. 5. Pada program ini, kita akan
menggunakan beberapa variable untuk menyimpan nilai yang diberikan pengguna dan
nilai hasil perhitungannya, seperti
1.
Jalankan scratch dan buatlah proyek baru
2.
Tambahkan variabel-variabel berikut di blok Variables: X1, Y1, X2, Y2, JarakX,
JarakY, dan Jarak. Variabel yang ditambahkan akan ditampilkan di stage.
3.
Susun letak variabel-variabel tersebut sehingga tampilan stage akan tampak
seperti Gambar 2.8.
4.
Pada blok Events, tambahkan blok perintah 'When Click' ke blok code untuk
mengatur cara menjalankan program
5.
Agar variabel JarakX dan JarakY tidak ditampilkan di stage, tambahkan dua
perintah hide variable pada blok Variables untuk menyembunyikan variabel JarakX
dan JarakY. Blok perintah akan tampak seperti Gambar 2.9. Variabel juga dapat
disembunyikan dengan cara menghilangkan tanda cek pada kotak cek yang ada di
variabel yang bersangkutan.
6.
Untuk meminta input dari pengguna, tambahkan perintah 'ask - and wait' pada
blok Sensing.
7.
Untuk menyimpan input dari pengguna ke variabel X1 yang disediakan, tambahkan
blok perintah set -1 to dan tambahkan blok perintah 'answer' ke blok perintah
tersebut
8.
Dengan cara yang sama, gunakan blok perintah yang sama untuk meminta dan
menangkap nilai input untuk variabel Y1, X2, dan Y2. Susunan perintah di code
area akan tampak seperti Gambar 2.10.
9.
Pada blok Variables dan Operator, tambahkan blok perintah untuk menghitung
nilai dari variabel JarakX, JarakY, dan Jarak. Untuk menghitung akar, gunakan
blok perintah fungsi 'sqrt' yang terdapat di blok Operator. Blok perintah yang
digunakan untuk melakukan perhitungan tersebut akan tampak seperti Gambar 2.11.
10.
Untuk menampilkan hasil penghitungan kepada pengguna, tambahkan perintah 'say -
for - second' dan perintah 'say' dari blok Looks. Perintah lengkap akan tampak
seperti pada Gambar 2.12 berikut.
11.
Jalankan program dan berikan input. Periksa apakah program bekerja sesuai
dengan yang diharapkan. Tampilan program akan tampak seperti Gambar 2.13.
12.
Simpan program yang sudah dibuat.
6. 6. Tipe Data Boolean adalah tipe
data yang hanya digunakan untuk untuk menyimpan nilai yang berupa True/False
Tipe
Data Numerik adalah tipe data yang digunakan untuk menyimpan nilai yang berupa
bilangan atau angka
Tipe
Data Teks/String adalah tipe data yang digunakan untuk menyimpan nilai yang
berupa teks
7. 7. Tipe Data Numerik menyimpan nilai
berupa angka atau bilangan sedangkan Tipe Data Teks/String menyimpan nilai
berupa teks atau tulisan
8. 8. START
MOVE
‘Posisi Awal’
WRITE
‘M’
MOVE
‘Posisi Awal’
WRITE
‘A’
MOVE
‘Posisi Awal’
WRITE
‘L’
MOVE
‘Posisi Awal’
WRITE
‘I’
MOVE
‘Posisi Awal’
WRITE
‘K’
END
9. 9. Biasanya untuk menyimpan nilai
dari suatu pengujian kondisi. Misalnya, kita mempunyai variabel StatusMenang
dengan tipe data boolean , maka kita dapat membuat logika program dengan
StatusMenang adalah True jika Nilai lebih besar dari atau sama dengan 100. Sebaliknya, nilai variabel
StatusMenang adalah False jika Nilai kurang dari 100.
1010. START
MOVE
‘Posisi Awal’
WRITE
‘M’
MOVE
‘Posisi Awal’
WRITE
‘M’
MOVE
‘Posisi Awal’
Comments
Post a Comment